Rabu, 26 Maret 2008

Maret masih hujan

24 Maret 2008 Hari senin, biasa deh nasabah dah pada ngantri di bangku yang disediakan,berjejer rapi nunggu jam kas akan dibuka,hari ini waktunya agak rame lah meskipun di akhir bulan,soale hari senin,kas dimulai jam delapan pagi,kita(saya dan temen) ngebiasain untuk tepat jam delapan,meskipun kita dah siap sebelum jam itu biar nasabah juga lebih teratur dan tepat waktu,namanya mengedukasi secara halus,karena memang nasabah sudah pandai mereka bisa menilai sendiri,kalo kita mulai dengan ontime yang mengambil nomor-nomor awal pasti dah ngerti,ada peraturan tertulis di nomor antri jika nomor yang mereka pegang sudah lewat maka mereka harus ambil nomor yang baru lagi,itu yang kami pegang teguh biar mereka ngerti artinya disiplin dan teratur,kan buat kepentingan bersama jadi gak rugi dooong…… Nasabah bank biasanya hampir 90 persen lah mereka bisa baca n nulis(apalagi ngitung uang..) mereka dah jago,tapi kadang-kadang ada juga yang gak bisa nulis dan itu biasanya orang tua yang udah sepuh dan punya pensiunan,satu hal yang kadang bikin saya bingung,kenapa para sepuh itu dibiarkan ke bank sendiri kan ngeri ada apa-apa,lagian tega banget sih hayoo..temenin dong neneknya or kakeknya… Daftar yg mesti di hindari para nasabah bank: 1.dilarang jetrekin uang ama steples!! Selaen bukanya ngerusak kuku,itu juga memperlambat kerjaan kami para teller jadi kalo memang gitu mbok ya di bukain dulu sebelom sampe ke toonbank… 2.dilarang ngasih uang palsu..ntar di tangkep loh..kalo banyak disangka pengedar..kalo satu dua paling digunting uangnya.. 3.kalo ke bank plis deh pake baju yang agak rapih n ketutup dikit,bukan apa-apa kadang kalo para teller ada yang hamil suka mabok juga nyium bau semerbak dari nasabah…ngerti kan wangi apa?… 4.sebelom nomor antrian anda dipanggil mohon duduk yang sabar di bangku yang disediakan,kalo gak ada bangku ya berdiri yang rapih di jalurnya.. 5.sebelom di kasih teller itung dulu uangnya ya..soalnya buat kebaikan kita bersama,jadi gak saling menuduh gitu loh.. 6.tolong dong uangnnya dirapihin berdasarkan warnanya biar kita gampang ngitungnya n ngebedainnya,soalnya kan yang laen juga ngantri…jadi rapihin dulu deh dirumah demi kelancaran kita bersama… 7.kadang suka ada yang lucu juga loh…masa mo masuk bank sendalnya dibuka di depan pintu masuk…he..he.. ini kan bank bukan mesjid…boleh kok sendalnya dipake… 8.ada juga yang suka komplain mbak kok kiriman saya gak nyampe? PADAHAL DIA SENDIRI YANG SALAH NULIS TAPI MARAHNYA KAYAK KEBAKARAN JENGGOT… 9.sebelom ninggalin bank periksa n cek lagi uang yang udah di kasih teller…itung dulu minimal masih di dalem kantor jadi kalo masih mo komplain bisa deh.. 10.mohon kesabarannya di tambah kalo lagi full day kayak hari senin n jumat,soalnya transaksi bener-bener padat sampe rasanya mo mindahin pantat aja susah … 11.trus kalo bisa anaknya dititipin dulu deh kalo ke bank,biasanya anak kecil suka rewel kalo nunggu di bank kelamaan,ntar malah nangis kenceng..kan rame,kita para teller juga butuh konsentrasi looh,nanti malah orang nyangkanya posyandu lagi bukan bank he…he..he.. 12.kita sih gak masalah kalo ada yang mao setor uang receh tapi sekali lagi dirapihin dulu ya… 13.kalo ngirimin uang jangan lupa donk nulis nomor telpon yang bisa dihubungi,kan enak kalo misalnya ada apa-apa kita bisa langsung nelpon,siapa tau rekeningnya salah jadi uang kirimannya gak nyampe.. 14.saya juga minta tolong kalo nulis mbok yang bisa di baca gitu loh,kan kita bukan dokter..apalagi apoteker yang bisa baca tulisan dokter…jadi yang jelas deh.. Kadang jadi teller itu suka gak tega juga looh,tapi gimana ya kan gak enak ngeduluin orang ditengah antrian yang lagi rame kita tiba-tiba manggil lebih dulu,emang kita juga tau semua orang punya kepentingan buru-buru untuk selesai dari bank,tapi skali lagi kalo anda bisa lebih sabar,karena kami kan juga tetap bekerja gak berlambat-lambat dengan kerjaan kami,jadi tolong lah bersabar dulu…apalagi kalo yang ktpnya dah mati setaon tapi mo ngambil uang,wah jelas ditolak,masa dalam waktu saetaun dia gak sempet sih barang seminggu aja bikin ktp itu namanya dianggap enteng…adalagi yang aneh yang nabung kakanya kok adeknya mo ngambil uang mana bisaaaaaa???…jelas-jelas beda lah muka n tandatangan,ngebedain orang dari mata biasanya kita lebih awas… Selasa,25 Maret 2008 Kalo tanggal segini orang-orang kantor pasti kelihatan lebih bahagia,senyum-senyum dan ketawa riang biasa deh kan hari gajian…buat sebagian orang gajian masih amat menyenangkan,tapi buat yang punya tagihan kartu kredit jangan ngimpi deh..paling cuman numpang lewat,nah bicara kartu kredit..kayaknya saya perlu bicara banyak deh..bukannya sok tau malah saya gak banyak tau soal ini loh mungkin diantara temen saya cuman saya yang kuper alias gak punya kartu kredit, bukan apa-apa sih saya ngerti ternyata berapapun penghasilan kita kalo kita gak bisa menej dengan baik bakalan gak terarah deh pengeluaraannya,apalagi kalo kita gak terarah trus punya kartu waaaah makin gila belanja deh,menurut saya orang jadi lebih konsumtif dengan kartu kredit,kartu juga punya banyak manfaat tapi juga banyak kekurangannya jadi bijaksanalah menggunakannya,tapi kebanyakan para bank-bank yang mengeluarkan kartu kredit tingkat kredit macetnya tinggi,atau disebut NPL(non performing loan),knapa???brarti banyak orang gak bisa bayar saat di tagih,atau dia bayar tapi dengan pembayaran minimum,wah..pailit dong….saya termasuk orang yang agak konservatif dalam pengeluaran uang,atau yang namanya belanja(baca:mindahin barang dari toko kerumah),bukan apa-apa khawatir mubazir kan mubazir temennya syetaan iih syereem…,selektif dengan kebutuhan dan keinginan itu penting loh! Biar kita bisa ngerti prioritas dalam hidup,adalah hal yang manusiawi kadang kita perlu menyenangkan diri sendiri,tapi juga kita kudu seimbang biar yang didapetin beneran bahagia bukan bahagia semu( baca:belanja yang kita senangi tapi besoknya nangis gara-gara tagihan kartu yang bengkak!!).jadi benernih gak punya kartu?? Yang saya punya Cuma kartu atm yang juga bisa buat kartu debet,dengan gitu saya gak ngerasa banyak uang,kan kalo abis gak ada yang ngisiin kecuali nunggu gajian lagi capeee deeeeh..ada temen-temen yang ngeluh kalo uang bonus tahunannnya cuman numpang lewat gara-gara buat bayar kartu,yah gitu deh kalo gak bijak makenya,kadang debt collectornya kalo nagih gak ngerti adab lagi bicaranya ihh serem ah..makanya mudah-mudahan gak berurusan ama kartu deh biar gak pusing…trus gak punya utang dong??ya itu mah ada sih tapi gak gede kok mudah-mudahan cepet lunas pinjaman kantornya ya doain… Anak saya yang pertama sekarang jadi temen ngewarnet buat saya tiap sabtu,kan yang kedua dititip dulu di neneknya,jadi kita paling dua jam di warnet,nanti kalo diah dah ngantuk barulah pulang,macem-macem yang dia tanyain,kadang saya juga suka sedih ngeliat dia ketakutan saya marahin karena ngajakin pulang terus(maafin bunda ya…) entah kenapa suka marah,tapi kalo
dah marah nyesel deh rasanya…matanya yang membulat seolah bicara aku minta ditemenin bunda aja,malah kalo saya baru pulang kantor dia pasti manja banget sama saya mulai dari pake celana(padahal bisa pake sendiri) maonya sama saya,mungkin dia kangen ya…dia seolah bilang bunda aku butuh bunda …dia malah bilang aku mao maen sama bunda sekarang,dengan kondisi yang lumayan capek mao gak mao saya mesti nemenin dia maen kejar-kejaran atau becanda gelitikin dia,seneng kalo liat dia ketawa…saya merasa bukan ibu yang baik banget apalagi sempurna jauh banget,belom seberapa yang bisa saya berikan buat anak-anak tersayang,mungkin mereka minta waktu saya…ah itu yang saya gak punya,saya full time carier woman,mana bisa dampingin dia setiap hari,melihat perkembangan dia dari kecil,kadang sedih juga sih..banyak hal yang tertinggal dan saya bukan menjadi orang yang pertama menyaksikan dia berjalan,berceloteh bahkan menangis,tapi kalo dia sakit saya sedih melihatnya,seperti ada yang mengetok-ngetok perasaan saya untuk berhenti sejenak melupakan pekerjaan ini,saya harus memilih terkadang berat meninggalkan mereka,tapi kalo memang sakit saya pasti tega gak masuk kerja asal anak-anak sembuh dulu,rasa kemanusiaan atau naluri seorang ibu kerap menelikung saya ditengah kegalauan saya bekerja..saya bekerja?ya memang saya bekerja semenjak selesai kuliah dulu,sebenarnya saya enggak mencita-citakan buat jadi wanita karier karena saya biasanya seneng mengalir aja,tapi ternyata saya sudah menjadikan itu dalam otak bawah sadar saya ketika saya meniru tanda tangan abang saya yang waktu itu udah jadi orang bank,waktu itu niat dalam hati saya ah niru tanda tangannya ah biar jadi orang bank kayak dia…ternyata doa itu yang di jawab,trus saya mao bagaimana?saya gak bisa menolak takdir ini biarlah saya jalani dulu…entah kapan saya bisa berhenti mengikuti karier ini,ketika menikah saya juga dah bilang suami siiih,tapi karena mungkin dia belom siap saya pun mengerti lah kondisi keuangan kami belum memungkinkan untuk usaha sendiri,yaah beginilah akhirnya,tapi dia juga ngertiin siih mao kerjasama dalam ngurusin anak karena memang anak kan tanggung jawab bersama,tapi kalo di depan ortunya kadang suka jaim(takut di bilang suaminya kalah dari istri kalo ikutan ngebantuin istri ngurusiin anak-anaknya) biasalah ego laki-laki…agak susah dimengerti,tapi semua masalah pasti ada jalan keluarnya kan ya dengan komunikasi yang lancar dan mendekatkan diri sama sang penguasa hati pastilah lancar oceeh…

Tidak ada komentar:

baju muslim anak

baju muslim anak
Rp.75.000